Ternyata
tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah
satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan
individu pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang pernah ada,
kebanyakan keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop atau notebook
sebagai sarana mobile-computing memang dirancang seefisien mungkin untuk dapat
dengan mudah dibawa ke manapun. Namun efesiensi yang didapat dari penggunaan
laptop ini rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan faktor ergonomic
yang sangat berperan dalam menjamin kenyamanan dan kesehatan sang pemakai.
Adapun
masalah yang dapat saya angkat dalam tulisan ini adalah tentang pengaruh
computer bagi manusia:
1.
Manfaat yang dapat ditimba dari
penggunaan komputer.
2.
Manfaat komputer dalam kehidupan
sehari- hari
3.
Manfaat komputer di bidang
pendidikan
4.
Fungsi Dan Manfaat Komputer Bagi
Kita
5.
Manfaat yang dapat ditimba dari
penggunaan komputer.
6.
dampak negatif psikologi yang
ditimbulkan dari computer
7.
Efek Negatif terhadap kesehatan
manusia yang ditimbulkan oleh teknologi computer
8.
Tips untuk mengurangi sindrom
visual computer.
MANFAAT YANG DAPAT DITIMBA DARI PENGGUNAAN KOMPUTER
1.
Dengan menggunakan komputer, anak
menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang
diprogram sedemikian menariknya. Semakin anak tertarik pada program tersebut,
semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program
pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka belajar membaca melalui program
yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat
membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada
belajar membaca melalui buku yang itu-itu saja.
2.
Selain program pendidikan,
komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang
pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu.
Permainan elektronik tersebut membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan,
membuat strategi, membangkitkan semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role
play).
3.
Karena biasa menggunakan
komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Para
balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program
pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak-anak dapat menjadi pandai
dalam matematika lantaran sering berlatih dengan menggunakan bantuan komputer
dan dapat memiliki banyak kosa kata dalam bahasa Inggris.
4.
Secara tidak langsung, anak yang
sejak kecil dibiasakan menggunakan komputer sedang dilatih suatu keterampilan
yang amat penting bagi mereka saat mereka menginjak dewasa dan masuk dalam
dunia kerja.
MANFAAT
KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :
1.
Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.
Mengakses informasi pendidikan lewat internet. Seiring perkembangan zaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan, sehingga akses informasi pun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
2. Bidang Kesehatan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.
Mengakses informasi pendidikan lewat internet. Seiring perkembangan zaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan, sehingga akses informasi pun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
2. Bidang Kesehatan
Mempermudah
Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung
pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto
di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa
memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru
dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi
Informasi dan Komputer.
3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
4. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
4. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
5.
Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
6. Bidang Jasa Konstruksi
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
6. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan
komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan
dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain
menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa
kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan
bantuan komputer.
7. Bidang Jasa Percetakan
7. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan
oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau
koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan
biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu
orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan,
keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
8.
Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga
dikembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan
animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga
tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
9. Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan program komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
11. Bidang Olah Raga
9. Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan program komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.
11. Bidang Olah Raga
Pertandingan
sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan
pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di
belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua
orang.
12.
Pabrik Sepatu
Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.
Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.
MANFAAT
KOMPUTER DI BIDANG PENDIDIKAN
Manfaat komputer di
bidang pendidikan banyak sekali diantaranya:
1. Sebagai alat presentasi – dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
2. Sebagai pengganti mesin ketik – Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3. Sebagai alat hitung – Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga pembagian.
4. Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas – tahukah anda bahwa internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server , dan sat ini server terbaik masih di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk pdf ,html dan juga doc . dapat dia akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala tentunya , saat server mengalami down ataupun maintenance maka semua halaman yang kita upload tidak dapat di unduh ataupun di baca.
1. Sebagai alat presentasi – dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
2. Sebagai pengganti mesin ketik – Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3. Sebagai alat hitung – Di dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga pembagian.
4. Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas – tahukah anda bahwa internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server , dan sat ini server terbaik masih di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk pdf ,html dan juga doc . dapat dia akses oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala tentunya , saat server mengalami down ataupun maintenance maka semua halaman yang kita upload tidak dapat di unduh ataupun di baca.
FUNGSI
DAN MANFAAT KOMPUTER BAGI KITA
1.
Komputer sebagai sarana mempermudah kerja:
Dengan komputer
banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang
mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas
tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik
dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan
menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan
dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.
2.
Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila
berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat
menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau
saudara kita. Dengan komputer kita dapat:
·
Berbicara dengan teman atau
saudara kita
·
Sambil bicara kita bisa melihat
mereka dengan menggunakan Webcam
·
Dapat menuliskan kata-kata kita
kepada mereka (Chating)
·
Juga kita dapat menulis surat
kepada mereka (Email)
·
Kita dapat mengirim gambar atau
file kepada mereka dll
3.
Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu
alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk
mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat
mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer
antara lain :
·
Mendenar lagu-lagu atau musik
melalui CD/DVD atau melalui Internet
·
Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD
atau melalui Internet
·
Bermain Game, dengan aplikasi
game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
·
Berhubungan dengan teman melalui
fasilitas Chating, atau Webcam
·
Nonton TV, dari saluran TV
Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan
Internet
4.
Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu
fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah
informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran,
dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan
Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan,
antara lain :
·
Dari aplikasi yang kita Install.
Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu
tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
·
Aplikasi yang kita Install dapat
membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope,
dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power
Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang
persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang
mahir di bidang disain arsitektur dll.
·
Selain dari aplikasi yang kita
install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan
atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial,
Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa
(segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama dll.
5.
Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan
komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan
seperti :
·
Informasi pendidikan,
Tempat-tempat Pendidikan
·
Informasi Hiburan, mencari
tempat-tempat Hiburan
·
Informasi Travel, mencari dan
memesan tiket transprotasi
·
Informasi Produk, mencari produk
yang kita inginkan.
·
Informasi Pekerjaan, menjari
lowongan kerja.
·
Informasi Berita, mencari
kejadian atau berita dalam dan luar negeri
·
Informasi Cuaca, mengetahui
keadaan cuaca saat ini
·
Informasi Lalulintas, mengetahui
situasi lalulintas
·
Informasi Kesehatan, mencari tips
kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
·
Informasi Politik
·
Informasi Perdagangan
·
Informasi Usaha, mencari peluang
untuk membuka usaha
·
dan masih banyak lagi informasi
yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.
6.
Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain
untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat
dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan
penghasilan bagi kita antara lain :
·
Membuat Rental Komputer
·
Membuat Warnet
·
Membuat Usaha percetakan
·
Membuat usaha Vidoe Editing
·
Membuat Usaha Ringtone dan
Wallpaper ke Hp
·
Membuat Usaha Sablon
·
Membuat usaha Service dan Install
Komputer Software
·
Membuka usaha Disain Arsitektur.
·
Membuka Usaha disain Grafis untuk
periklanan
·
Membuka Usaha disain Website
·
Membuka Usaha programer akounting
dan keuangan
·
Membuka Usaha Kursus Komputer
·
Membuat Jasa Website sebagai
media Informasi
·
Mengarang dan membuat buku Online
yang dapat di jual
·
Dll
7.
Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa
pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana
untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :
·
Mengontrol kamera security
·
Mengontrol pengoperasian mesin
Robot pabrik
·
Mengontrol Escalator
·
Pengontorlan pencahayaan untuk
lampu Studio rekaman
·
Pengontrolan peralatan Editing
Video
·
Pengontrolan tata lampu traffic
jalan
·
Pengontrolan system jaringan
Network
·
dll
Tapi
dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer, banyak
sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain :
1.
Dengan adanya fasilitas komputer
sebagai alat hiburan seperti chating dan game, orang banyak yang terlena
sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka, seperti belajar,
bekerja dll.
2.
Dengan mengakses situs2 yang
menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.
3.
Banyak terjadi aksi penipuan
dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah.
4.
Programer yang terkenal dengan
sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan,
serta dapat merusak system orang.
Tapi
kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si
pemakainya, dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat
hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang
pekerjaan.
MANFAAT YANG DAPAT
DITIMBA DARI PENGGUNAAN KOMPUTER.
1.
Dengan menggunakan komputer, anak
menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang
diprogram sedemikian menariknya. Semakin anak tertarik akan program tersebut,
semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program
pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka belajar membaca melalui program
yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat
membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar
membaca melalui buku yang itu-itu saja.
2.
Selain program pendidikan,
komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang
pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu.
Permainan elektronik tersebut membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan,
membuat strategi, membangkitkan semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role
play).
3.
Karena biasa menggunakan
komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Para
balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program
pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak-anak dapat menjadi pandai
dalam matematika lantaran sering berlatih dengan menggunakan bantuan komputer
dan dapat memiliki banyak kosa kata dalam bahasa Inggris.
Secara tidak
langsung, anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan komputer sedang dilatih
suatu keterampilan yang amat penting bagi mereka saat mereka menginjak dewasa
dan masuk dalam dunia kerja.
DAMPAK NEGATIF
PSIKOLOGI YANG DITIMBULKAN DARI KOMPUTER
1.
Anti Sosial
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari media ini komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing.
Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer. Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat. Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbukekerasandidalamnya.
Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video (video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.
2. Computer Anxiety (darurat, ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkant yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci yang salah.
Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet. Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan orang-orang non teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer ketika dihadapkan pada sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan. Biasanya ketakutan tergadap komputer ini dialami oleh perempuan-perempuan dan orang yang mempunyai kemampuan matematika yang rendah.
3. Adiksi terhadap internet
Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi pada semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi sperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang ada dalam internet dengan jasa dan layanan yang ditawrakna dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang memakainya.
Situs permainan, layanan komunikasi interaktif membuat komputer menjadi komoditi teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sama seperti keberadaan telepon seluler saat ini. Rasa ketagihan yang membuat orang terus menerus menggunakan komputer menurut para ahli merupakan indikasi dari pembentukan kebiasaan media. Dan yang mematikan adiksi ini dapat menghancurkan kehidupan manusia. Jadi kehidupan seseorang dapat hancur melalui internet karena perilaku adiksinya terhadap internet.
Sikap dan perilaku anti sosial terbentuk dari terpaan isi program dari fitur yang diciptakan dari media ini komputer. Salah satu fitur yang banyak menghiasi isi software komputer adalah permainan. Baik anak-anak, remaja sampai orang dewasa menggunakan komputer untuk memainkan permainan kesukaan mereka masing-masing.
Contohnya saja mahasiswa-mahasiswa bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer. Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat. Permainan komputer banyak memberikan bumbu-bumbukekerasandidalamnya.
Berdasarkan penelitian eksperimen dalam buku yang ditulis Andersen, permainan komputer dengan kandungan kekerasan memiliki tingkat terpaan kekerasaan yang sama seperti terpaan dalam prgram televisi. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa permainan video (video games) memiliki kemampuan lebih besar untuk membuat anak-anak menjadi kurang sensitif terhadap kekerasan dibandingkan televisi atau pun pengalaman kehidupan yang bersinggungan dengan kekerasan.
2. Computer Anxiety (darurat, ketakutan terhadap komputer)
Ketakutan terhadap komputer ini menerpa hampir sepertiga populasi pengguna dewasa komputer. Beberapa akibat dari kasus yang paling menakutkant yang dirasakan terhadap komputer adalah mual-mual, vertigo, dan keringat yang bercucuran. Penyebab ketakutan mereka ada banyak hal dan salah satunya karena ketakutan mereka akan mendapatkan bencana dengan menekan kunci yang salah.
Dalam hal ini ketakutan mereka dihubungkan dengan tingkat privasi yang dapat ditembus karena kesalahan mereka menekan tombol misalnya saja menekan gambar spam yang ada dalam internet. Penyebab lainnya adalah perasaan lepas kendali yang dirasakan orang-orang non teknis atau tidak memilki kemampuan teknis pada komputer ketika dihadapkan pada sistem teknis yang kompleks dan menyulitkan. Biasanya ketakutan tergadap komputer ini dialami oleh perempuan-perempuan dan orang yang mempunyai kemampuan matematika yang rendah.
3. Adiksi terhadap internet
Komputer juga dapat membuat kecenderungan adiksi pada semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini mendorong orang untuk terus-menerus menggunakan komputer layaknya orang yang mengidap ketagihan narkotika. Komputer beserta fitur yang ditawarkannya secara tidak sengaja membentuk komputer menjadi sperti obat yang harus diminum dan jika tidak diminum akan menimbulkan rasa sakit tersendiri yang dialami para penggunanya. Situs-situs yang ada dalam internet dengan jasa dan layanan yang ditawrakna dapat memenuhi kepuasan dan kebutuhan orang yang memakainya.
Situs permainan, layanan komunikasi interaktif membuat komputer menjadi komoditi teknologi yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia sama seperti keberadaan telepon seluler saat ini. Rasa ketagihan yang membuat orang terus menerus menggunakan komputer menurut para ahli merupakan indikasi dari pembentukan kebiasaan media. Dan yang mematikan adiksi ini dapat menghancurkan kehidupan manusia. Jadi kehidupan seseorang dapat hancur melalui internet karena perilaku adiksinya terhadap internet.
EFEK
NEGATIF TERHADAP KESEHATAN MANUSIA YANG DITIMBULKAN OLEH TEKNOLOGI COMPUTER:
1. Radiasi Monitor
Mata adalah organ tubuh yang paling mudah mengalami penyakit akibat kerja, karena terlalu sering memfokuskan bola mata ke layar monitor.
Tampilan layar monitor yang terlalu terang dengan warna yang panas seperti warna merah, kuning, ungu, oranye akan lebih mempercepat kelelahan pada mata. Selain dari itu, pantulan cahaya (silau) pada layar monitor yang berasal dari sumber lain seperti jendela, lampu penerangan dan lain sebagainya, akan menambah beban mata. Pencahayaan ruangan kerja juga berpengaruh pada beban mata. (1,3)Pemakaian layar monitor yang tidak ergonomis dapat menyebabkan keluhan pada mata.
Berdasarkan hasil penelitian, 77 % para pemakai layar monitor akan mengalami keluhan pada mata, mulai dari rasa pegal dan nyeri pada mata, mata merah, mata berair, sampai pada iritasi mata bahkan kemungkinan katarak mata.
Bila
operator komputer menggunakan soft lens (lensa mata), kelelahan mata akan lebih
cepat terasa, karena mata yang dalam keadaan memfokuskan ke layar monitor akan
jarang berkedip sehingga bola mata cepat menjadi kering dan ini menyebabkan
timbulnya gesekan antara lensa dan kelopak mata.
Ruang berpendingin (AC) akan lebih memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga air mata akan ikut menguap. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan, untuk operator komputer yang bekerja 8 jam per hari terus menerus, ternyata radiasi yang keluar dari komputer (khususnya sinar-X) sangat rendah yaitu sekitar 0,01739 m Rem per tahun.
Harga tersebut jauh lebih rendah dari pada radiasi yang berasal dari sinar kosmis dan dari radiasi bumi (terresterial radiation) yang berkisar 145 m Rem per tahun. Sedangkan laju dosis radiasi yang diizinkan untuk masyarakat umum adalah 500 m Rem per tahun
Akhir-akhir ini banyak dijual kaca filter untuk layar monitor yang dipromosikan sebagai filter radiasi yang keluar dari komputer.kaca filter yang dijual di pasar lebih sesuai sebagai filter kesilauan (glare) dari cahaya layar komputer, bukan sebagai filter radiasi.
Ruang berpendingin (AC) akan lebih memperparah gesekan tersebut, karena udara ruangan ber AC akan kering sehingga air mata akan ikut menguap. Menurut hasil penelitian yang penulis lakukan, untuk operator komputer yang bekerja 8 jam per hari terus menerus, ternyata radiasi yang keluar dari komputer (khususnya sinar-X) sangat rendah yaitu sekitar 0,01739 m Rem per tahun.
Harga tersebut jauh lebih rendah dari pada radiasi yang berasal dari sinar kosmis dan dari radiasi bumi (terresterial radiation) yang berkisar 145 m Rem per tahun. Sedangkan laju dosis radiasi yang diizinkan untuk masyarakat umum adalah 500 m Rem per tahun
Akhir-akhir ini banyak dijual kaca filter untuk layar monitor yang dipromosikan sebagai filter radiasi yang keluar dari komputer.kaca filter yang dijual di pasar lebih sesuai sebagai filter kesilauan (glare) dari cahaya layar komputer, bukan sebagai filter radiasi.
2.Terganggunya Syaraf
Printer yang menggunakan sistim buble jet kebisingannya relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan printer sistim dot matrix. Saat ini printer yang paling rendah kebisingannya adalah sistim laser printer. Kebisingan yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf manusia dan hal ini dapat berakibat pada kelelahan maupun rasa nyeri.
Adapun batas kebisingan yang diizinkan untuk bekerja selama kurang dari 8 jam per hari adalah 80 dB. Sedangkan ruang kerja yang ideal adalah dengan kebisingan sekitar 40 – 50 dB. Apabila di dalam ruang kerja terdapat mesin pendingin (AC), maka kebisingan akan bertambah selain dari suara printer.
3. Strain
Injury berulang (RSI)
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries).
Keluhan ini terutama diderita oleh para pekerja dengan posisi duduk yang statis saat menggunakan komputer atau menggunakan gerakan tangan yang berulang (repetitive) setiap hari, beban kerja yang statis (seperti menggenggam mouse), membiarkan lengan membengkok, dan sejenisnya dalam waktu yang cukup lama. Ini akan bertambah buruk jika tempat kerja tidak didesain secara ergonomis, misalnya posisi keyboard dan layar monitor yang terlalu tinggi atau terlampau rendah, kursi tidak menopang badan untuk duduk tegak, dan sebagainya.
Hal ini akan semakin parah bila ditambah lingkungan kerja yang kurang bergerak, kurang istirahat, mengandung stress tinggi dengan deadline dan laporan rutin serta lainnya. Apalagi jika Anda perokok, menderita kegemukan (obesitas), lemah otot, memiliki tangan yang terasa dingin serta kurang berolah raga.
Gejala awal RSI dapat muncul pada berbagai tempat dari pangkal lengan hingga ke ujung tangan. Gejala yang menjadi tanda peringatan menyangkut:
•Kesulitan membuka dan menutup tangan
•Otot tangan terasa kaku (misalnya hingga kesulitan mengancing baju)
• Kesulitan menggunakan tangan (untuk membalik halaman buku, memutar tombol, memegang mug)
• Bangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan atau mati rasa di tangan, terutama di awal pagihari
• Tangan terasa dingin
• Tangan gemetar (tremor)
• Tangan terasa canggung, bergetar atau bahkan mati rasa.
RSI merupakan sebuah terminologi yang mengacu pada beberapa variasi keluhan kerangka otot (musculoskeletal). Ini menyangkut keluhan yang dikenal dengan sakit urat otot. RSI meliputi gangguan lengan atas berkaitan dengan kerja (Work-Related Upper Limb Disorders) dan luka penggunaan berlebihan yang berhubungan dengan kerja (Occupational Overuse Injuries).
Keluhan ini terutama diderita oleh para pekerja dengan posisi duduk yang statis saat menggunakan komputer atau menggunakan gerakan tangan yang berulang (repetitive) setiap hari, beban kerja yang statis (seperti menggenggam mouse), membiarkan lengan membengkok, dan sejenisnya dalam waktu yang cukup lama. Ini akan bertambah buruk jika tempat kerja tidak didesain secara ergonomis, misalnya posisi keyboard dan layar monitor yang terlalu tinggi atau terlampau rendah, kursi tidak menopang badan untuk duduk tegak, dan sebagainya.
Hal ini akan semakin parah bila ditambah lingkungan kerja yang kurang bergerak, kurang istirahat, mengandung stress tinggi dengan deadline dan laporan rutin serta lainnya. Apalagi jika Anda perokok, menderita kegemukan (obesitas), lemah otot, memiliki tangan yang terasa dingin serta kurang berolah raga.
Gejala awal RSI dapat muncul pada berbagai tempat dari pangkal lengan hingga ke ujung tangan. Gejala yang menjadi tanda peringatan menyangkut:
•Kesulitan membuka dan menutup tangan
•Otot tangan terasa kaku (misalnya hingga kesulitan mengancing baju)
• Kesulitan menggunakan tangan (untuk membalik halaman buku, memutar tombol, memegang mug)
• Bangun dengan rasa sakit di pergelangan tangan atau mati rasa di tangan, terutama di awal pagihari
• Tangan terasa dingin
• Tangan gemetar (tremor)
• Tangan terasa canggung, bergetar atau bahkan mati rasa.
TIPS
UNTUK MENGURANGI SINDROM VISUAL KOMPUTER :
·
Sebelum terjadi ketegangan pada
mata Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi
pencahayaan yang cukup optimal di area kerja dan sumber cahaya tersebut diatur
sedemikian rupa agar nyaman bagi mata Anda.
·
Fakta membuktikan bahwa pencahayaan
di tempat kerja dapat mempengaruhi visual Anda. Jika lampu terlalu terang atau
terlalu redup bisa mengakibatkan kelelahan pada mata. Solusinya ? lakukan
pengaturan cahaya yang cukup sehingga dapat memberikan kenyamanan pada mata dan
area kerja Anda.
·
Terakhir, berhentilah berlama
lama didepan komputer kalau memang aktifitas penting anda sudah selesai.
Langkah selanjutnya
adalah menjalani beberapa latihan sederhana pada mata untuk
mengurangi terjadinya sindrom visual komputer atau gejalanya bisa dikurangi
sehingga aktifitas anda didepan komputer bisa tetap terjaga, latihan ini
memerlukan kurang lebih setengah jam sampai dengan satu jam dan dianjurkan
dilakukan secara berkesinambungan.
1.
Duduk atau berbaring dengan
posisi yang cukup nyaman, gosokkan kedua telapak tangan bersama-sama selama
beberapa detik kemudian tutup mata Anda dan letakkan telapak tangan di dekat
mata. Telapak tangan ini harus diposisikan sedemikian rupa sehingga tidak
menyentuh mata. Duduk selama sekitar dua menit, Anda akan mulai melihat kegelapan
intens yang akan memberikan terapi pada mata.
2.
Putar mata Anda bolak-balik ke
atas dan ke bawah, ini terapi yang cukup baik untuk melatih mata.
3.
Pejamkan mata Anda selama 3-5
detik kemudian buka kembali selama 3-5 detik. Ulangi langkah ini sampai 7 atau
8 kali.
KESIMPULAN
Komputer
sangat penting bagi manusia, baik untuk dunia pendidikan, kedokteran, dan untuk
perkantoran. Ternyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif
bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer
bagi kesehatan individu pemakainya. Maka kita harus bisa mengatasi atau menjaga
diri kita dari ketergantungan menggunakan computer agar kita bisa menjalani
aktivitas kita sehari-hari agar tidak terbengkalai. Demikian juga dengan
teknologi yang telah ada sekarang ini maka kita harus pintar menyikapinya agar
tidak berakibat buruk bagi kehidupan kita.
Sumber : https://docs.google.com/document/d/1ZsjoOYKiLeg5bvLT-QbD6HReG1w0CTDTqx5MbCS8ff8/edit?pli=1
Sumber : https://docs.google.com/document/d/1ZsjoOYKiLeg5bvLT-QbD6HReG1w0CTDTqx5MbCS8ff8/edit?pli=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar